Rumah Satu Lantai Tiga Kamar

rumah-satu-lantai

Konsultasi

Kami baru saja membeli lahan 10 x 14 m2 dan ingin membangun rumah satu lantai saja. Kami membutuhkan rancangan untuk satu kamar tidur dengan kamar mandi di dalam dan dua kamar tidur anak. Karena lahan yang tidak terlalu luas, kami tidak membutuhkan kamar asisten rumah tangga (ART). Kami ingin rumah kami terkesan lapang dengan taman kecil di belakang rumah dan juga carport untuk dua mobil.

Dirman, Bekasi

Terima kasih telah menulis surat kepada Triplus. Untuk luas lahan 140 m2, umumnya kami menganjurkan bangunan dua lantai agar lahan yang terpakai di kisaran separuh (50%) dari luas lahan. Dalam istilah tata ruang, koefisien dasar bangunan (KDB) adalah 50% dari rata-rata KDB hunian yang dipersyaratkan sebesar 60 persen. Lebih banyak lahan terbuka akan menguntungkan bagi rumah untuk mendapatkan pengudaraan alami yang optimal.

Fasad

Secara keseluruhan fasad rumah dihadirkan kesan natural yang kuat untuk memberikan kehangatan pada rumah satu lantai ini. Batu alam di dinding teras sebagai aksen dari cat dinding berwarna abu-abu. Berkolaborasi dengan pintu kayu dengan desain minimalis. Pada sisi atas di sepanjang garis bawah atap diberi aksen susunan papan komposit semen bertekstur kayu berpola vertikal untuk memberikan kesan natural namun tetap mengedepankan kemudahan dalam perawatan. Material yang sama diterapkan pada pagar yang terbuat dari besi dengan susunan papan horizontal.

 

Baca selengkapnya di Majalah HousingEstate Edisi November 2016, dapatkan di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer) atau Unduh versi digitalnya WayangForce & Scoop.


Leave a Reply