Rumah Satu Lantai di Belakang Ruko

Untitled-1

Konsultasi Design

Saya mau membangun rumah dua lantai pada lahan berukuran 9 x 42 m2 yang membujur dari utara ke selatan dan telah dibatasi dengan tembok keliling. Posisi lahan berada di utara koridor jalan yang relatif ramai dengan pergerakan kendaraan. Pada lahan tersebut telah terbangun ruko dengan ukuran 6 x 9 m2. Saya berencana membangun rumah di belakang (utara) ruko tersebut. Rumah akan dibangun pada lahan kosong di belakang ruko berukuran 9 x 30 m2. Rencananya rumah ini terdiri dari 1 kamar utama (4 x 4 m2) lengkap dengan kamar mandi. Di samping itu juga ada 1 kamar tamu dan 2 kamar anak, juga ada 1 musala (tidak terlalu besar) dan kamar kerja, 1 dapur dan gudang di bagian belakang, 1 carport dan garasi di sebalah kanan rumah. Saya menginginkan rumah dengan bukaan yang lebar karena daerah kami relatif panas dan ada lahan terbuka yang tetap digunakan sebagai taman di bagian belakang atau depan sehingga dapat menyerap panas. Rumah saya harapkan menghadap ke selatan. Demikian, atas bantuannya, saya menyampaikan terima kasih.

Teguh Pribadi
Jalan Kantil RT 1/RW 1 Gandasuli
Bobotsari, Purbalingga
Jawa Tengah 53353

Terima kasih atas kepercayaan Pak Teguh sekeluarga kepada Triplus Design. Untuk tampak bangunan saya tetap memberikan sentuhan modern yang hangat dengan penggunaan material dan pemilihan warna yang alami. Saya menggunakan dinding aksen sebagai aksentuasi, diciptakan juga dinding menerus dari depan ke belakang dengan warna hijau terang yang seakan membelah atap dan menghubungkan ketiga taman yang ada dalam rancangan. Sebuah sumbu yang mengikat dan juga sekaligus merepresentasikan harmonisasi desain dengan alam dalam hunian ini.

Pencapaian ke rumah dari sisi ruko melalui jalan masuk yang mengarah langsung ke carport dan garasi. Di sisi carport saya meletakkan satu bangunan terpisah yang berfungsi sebagai ruang tamu. Bangunan dibuat berkesan terbuka seperti pendopo dengan pintu lipat yang dapat terbuka maksimal. Pendopo modern ini saya rancang untuk memberi pemisah yang jelas antara ruang publik dan ruang pribadi keluarga. Di sebelahnya terdapat teras yang langsung mengarah pada foyer (ruang penerima).

Teras juga berbatasan dengan dinding partisi dari susunan roster yang memisahkan area teras dengan taman dalam yang terhubung khusus dengan kamar tidur utama. Taman dalam ini menambah nilai kenyamanan dari kamar tidur utama yang juga memiliki kamar mandi dalam dan pintu besar mengarah ke taman untuk memberi kesan luar dan dalam yang menyatu tanpa batas.

Di sisi kiri perimeter bangunan disisakan ruang celah selebar 1 meter yang berfungsi memasukkan pengudaraan ke jajaran dua kamar tidur anak dan kamar mandi. Ruang makan dan dapur diletakkan mengapit taman dan diberi akses pintu lipat. Hal ini membuat pengaturan ruang yang mengelilingi taman ini menjadi terkesan cair dan lapang. Dapur dibuat tertutup dengan ventilasi langsung mengarah ke taman samping. Pintu yang mengarah ke area servis, yang terdiri dari gudang dan ruang cuci jemur, diletakkan terhubung dengan dapur.

 

Baca selengkapnya di Majalah HousingEstate Edisi September 2016, dapatkan di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer) atau Unduh versi digitalnya WayangForce & Scoop.


Leave a Reply