Rumah Pasif

rumah-pasif

Rumah didesain dengan orientasi pemakaian energi alami untuk menghangatkan dan mendinginkan ruangan serta mengkonservasi air.

World Architecture Festival (WAF), ajang pameran dan kompetisi karya arsitektur internasional terbesar, kembali digelar. Setelah empat tahun digelar di Singapura, tahun ini kembali ke Eropa, tepatnya di Arena Berlin, Jerman, 16-18 November 2016. Tema festival Housing for Everyone menekankan pada penciptaan tempat berlindung dan kecukupan untuk hunian di salah satu sisi, serta investasi di sisi lain. Tema mengkaji kontribusi signifikan para arsitek dalam menciptakan tempat-tempat yang kita sebut sebagai rumah.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, WAF membagi kompetisi dalam beberapa kategori. Salah satunya house category yang dimasukkan dalam kelompok bangunan sudah jadi (completed building). Pemenang House of The Year kali OHLAB/Oliver Hernaiz Architecture Lab dari Spanyol. OHLAB didirikan arsitek muda Paloma Hernaiz dan Jaime Oliver di Shanghai, China, lalu pindah ke Madrid, Spanyol, sebagai kantor pusat.

 

Baca selengkapnya di Majalah HousingEstate Edisi Desember 2016, dapatkan di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer) atau Unduh versi digitalnya WayangForce & Scoop.


Leave a Reply