Ruang Publik yang Dirindukan

Ruang Publik yang Dirindukan

Terbesar di Jakarta, dilengkapi taman interaktif bagi para skater dan rider.

Ita dan Mira, sebut saja begitu, dua gadis cilik kelas empat SD, punya kegiatan baru setiap sore. Keduanya kerap janjian bertemu di arena bermain papan seluncur dan sepeda di RTH (Ruang Terbuka Hijau) Kalijodo di Jl Tubagus Angke, Tambora, Jakarta Barat. Mereka menghabiskan waktu sore hingga menjelang magrib untuk sekadar dudukduduk menonton atraksi pemain skateboard di tepi arena. “Dulu mah mainnya di warnet ngabisin duit. Sekarang bisa ke sini (RTH Kaljodo, Red), (dampaknya) paling aus aja,” kata Mira yang berambut panjang.

Lain lagi Sumini, perantau dari Purwokerto (Jawa Tengah) yang telah enam tahun menetap di Pangkalan Bambu, Teluk Gong. Sore itu mengantarkan kedua anaknya dan seorang anak tetangga belajar main sepatu roda di pelataran bertutup atap transparan di RTH Kalijodo. Jarak dari rumahnya ke Kalijodo sekitar 500 meter. “Jalanan depan rumah sih udah bagus, tapi sempit kalau buat maen sepatu roda, nggak ada lapangan gede juga di situ,” ujarnya.

 

Baca selengkapnya di Majalah HousingEstate Edisi Maret 2017, dapatkan di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer) atau Unduh versi digitalnya WayangForce & Scoop.


Leave a Reply