PT Waskita Karya Realty, Semua Proyeknya Gedung Bertingkat Tinggi

Untitled-2

Salah satu proyeknya membidik pasar kelas atas hasil rancangan arsitek kaliber dunia Tange Associate.

PT Waskita Karya Realty (WKR), anak usaha PT Waskita Karya (Persero), Tbk. yang bergerak di bisnis properti, ini berdiri Agustus 2012. Awalnya sebagai divisi properti di perusahaan induk, bukan entitas bisnis yang berdiri sendiri. Baru tahun 2014 WKR disapih dari perusahaan induk. Saat masih divisi properti WKR mengawali kiprahnya dengan mengembangkan hotel bintang tiga Teraskita (152 kamar) dan perkantoran di Cawang, Jakarta Timur, di lahan milik induknya. Pilihannya membangun hotel karena kawasan Cawang dan sekitarnya berkembang menjadi koridor bisnis yang butuh fasilitas untuk akomodasi dan   Selain itu lokasinya strategis, dekat Bandara Halim Perdanakusuma yang sekarang melayani penerbangan komersial dan Stasiun Jatinegara, dan kurang dari satu jam menuju Bandara Soekarno-Hatta. Pertimbangan berikutnya risikonya tidak terlalu tinggi karena sejak awal dirancang sebagai properti sewa dan pasarnya terbuka luas.

Setelah berdiri sendiri WKR melirik pengembangan properti high rise karena bekal pengalamannya di bidang konstruksi yang cukup panjang. Selain itu properti high rise kapitalisasinya besar dan tidak butuh lahan luas. Ini cocok diterapkan di perkotaan khususnya kota-kota besar yang tanahnya makin terbatas dan warganya mau tinggal di hunian vertikal. Jurus yang dimainkan adalah bermitra dengan sesama perusahaan pelat merah dan swasta, selain mengembangkan aset sendiri.

 

Baca selengkapnya di Majalah HousingEstate Edisi April 2017, dapatkan di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer) atau Unduh versi digitalnya WayangForce & Scoop.


Leave a Reply