PT Pos Properti Indonesia, Mengoptimalkan Aset Idle

Untitled-1

Sejumlah bekas rumah dinas akan dijadikan rumah sewa ala airbnb.?

PT Pos Properti Indonesia (PPI), anak usaha PT Pos Indonesia, dibentuk tahun 2013 dengan tujuan mengelola aset properti perusahaan induk. Pembentukannya dilatarbelakangi perkembangan teknologi informasi yang membuat bisnis pengiriman surat merosot, sehingga Pos Indonesia fokus ke bisnis yang terkait dengan pengiriman barang, layanan jasa keuangan dan logistik. Propertinya pun banyak yang idle.

Pos Indonesia memiliki 2.821 aset dengan ukuran, kondisi, dan fungsi yang sangat beragam, mulai dari kantor sampai rumah. Paling luas Kantor Pos Jakarta (3,4 ha) di Jl Pos, Jakarta Pusat. Aset lain luasnya antara 500–10.000 m2. Beberapa tergolong bangunan cagar budaya yang perubahan fisik dan fungsinya tidak mudah. “Untuk menghancurkan sebuah rumah dinas yang sudah tidak layak huni saja harus sampai ke menteri, karena itu termasuk kekayaan negara,” kata Handriani Tjatur Setijowati, Direktur Utama PPI.

 

Baca selengkapnya di Majalah HousingEstate Edisi April 2017, dapatkan di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer) atau Unduh versi digitalnya WayangForce & Scoop.


Leave a Reply