Olahan Aluminium Menyerupai Kayu Designed in Indonesia

olahan aluminium

Selain tembaga, material aluminium juga kekayaan lokal yang potensial untuk perabot.

Perajin Indonesia diakui sebagai pembuat produk-produk buatan tangan (handmade) yang kreatif. Di pasar mebel global, mereka terkenal sebagai “tukang jahit” yang andal. Ya, kebanyakan perajin kita hanya mengerjakan produk sesuai pesanan untuk memenuhi pasar ekspor, belum menciptakan desain sendiri.

Forme, salah satu produsen furnitur lokal yang memiliki gerai di Jakarta dan pabrik di Semarang, Jawa Tengah, mencoba menembus pasar global dengan kerajinan lokal Indonesia sejak 10 tahun silam dengan desain sendiri. Forme bekerja sama dengan sekitar 100 perajin tetap dan lepasan untuk menjalankan produksi furniturnya yang kebanyakan berbahan dasar kayu. Menjelang penghujung tahun ini, Forme meluncurkan inovasi terbaru perabot berbahan aluminium berupa dua meja pendamping sofa: Log Cocktail Table dan Log Nesting Table. “Selain tembaga, aluminium termasuk kerajinan lokal yang harus dikembangkan dan kami percaya bisa tetap eksis di pasar internasional,” kata Yani Susilowati, pemilik Forme.

 

Baca selengkapnya di Majalah HousingEstate Edisi Desember 2017, dapatkan di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer) atau Unduh versi digitalnya Scoop.


Leave a Reply