Memilih KPR Sesuai Kebutuhan

Memilih KPR Sesuai Kebutuhan

Kenali karakteristik penghasilan dan pola pengeluaran anda, baru pilih fitur KPR yang cocok.

Setiap orang memiliki karakteristik penghasilan berbeda. Ada yang bergaji tetap seperti karyawan, ada yang tidak tetap seperti pedagang. Ada yang masih muda dan terbatas penghasilannya, ada yang sudah mulai mapan dengan gaji cukup besar. Begitu pula pengeluaran. Kendati punya penghasilan yang sama, pengeluaran rutin sebagian orang mungkin kecil saja karena, misalnya masih bujangan atau belum punya anak. Sementara sebagian orang lagi pengeluarannya sudah tinggi.

Karena berbagai perbedaan itu, fitur kredit pemilikan rumah (KPR) yang dibutuhkan setiap orang pun bisa berbeda. Yang bergaji tetap misalnya, mungkin perlu KPR dengan cicilan tetap setiap bulan. Sedangkan para pedagang, kaum profesional atau kalangan berpenghasilan tinggi, bisa toleran dengan KPR yang cicilannya fluktuatif mengikuti naik turunnya bunga kredit. Sebab itu penting mengidentifikasi karakteristik keuangan (pendapatan dan pengeluaran) masing-masing sebelum memilih KPR yang cocok.

 

Baca selengkapnya di Majalah HousingEstate Edisi Februari 2017, dapatkan di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer) atau Unduh versi digitalnya WayangForce & Scoop.


Leave a Reply