Melayani Generasi Digital

Melayani Generasi Digital

Digital banking adalah keniscayaan karena mentransformasi perbankan ke bentuk layanan baru yang akan dominan di masa depan.

Dunia berubah cepat sejak awal tahun 90-an menyusul ditemukannya telepon genggam, dan makin cepat dalam satu dekade terakhir setelah munculnya telepon pintar (smartphone). Orang-orang saling terkoneksi melalui dunia maya, informasi membanjir dan masuk hingga ke ruang-ruang pribadi, aktivitas berlangsung cepat, instan, dan serempak, mobilitas meninggi, bandara dan stasiun kereta penuh sesak, pariwisata membuncah, dunia menjadi kampung global, dan orang-orang bingung dengan identitas dan eksistensinya sehingga keranjingan selfie dan unjuk diri di media sosial (medsos).

Perubahan besar itu juga melahirkan apa yang disebut dengan generasi Y (Gen-Y) atau generasi milenial. Yaitu, generasi yang kesehariannya tak pernah lepas dari gadget dan internet, karena sejak beranjak remaja sudah hidup atau dipengaruhi hidupnya oleh teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Kini generasi yang lahir awal 1980-an sampai pertengahan 1990-an ini mulai masuk dunia kerja. Tahun 2020 mereka akan mendominasi angkatan kerja Indonesia yang populasi usia produktifnya akan mencapai 70% dari total penduduk.

 

Baca selengkapnya di Majalah HousingEstate Edisi Maret 2017, dapatkan di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer) atau Unduh versi digitalnya WayangForce & Scoop.


Leave a Reply