Makna Lukisan AD Pirous

makna-lukisan-ad-pirous

Lukisan untuk mengisi interior rumah tidak harus selalu bertema pemandangan, flora-fauna, dan sosok manusia, Kaligrafi juga dapat menjadi pilihan. Selain mempercantik estetika ruang, seni kaligrafi juga memiliki makna mendalam. “Lukisan ini merupakan tumpahan seluruh pikiran saya karena memiliki dua kekuatan, enak dipandang dan memiliki pesan,” kata Abdul Djalil Pirous atau yang lebih dikenal dengan AD Pirous (84), pelukis spesialis kaligrafi.

Tanggal 1 Maret-1 April 2016 ia menggelar pameran di area lobi gedung World Trade Center (WTC) 2, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, bertema “Spritual Calligraphy” yang dibuka Triawan Munaf, Ketua Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Ia menampilkan 13 lukisan dari tahun pembuatan 1970, 1980, sampai 2000-an. Lukisan yang dikumpulkan sendiri oleh Pirous dibantu pihak WTC itu pernah dipamerkan dengan tema “Ayat-Ayat Semesta” di Malaysia tahun lalu. “Dari 44 lukisan dari pameran Ayat-Ayat Semesta itu saya pilih 13 lukisan ini,” kata pria kelahiran Meulaboh, Aceh, 11 Maret 1932, itu.

 

Baca selengkapnya di Majalah HousingEstate Edisi Desember 2016, dapatkan di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer) atau Unduh versi digitalnya WayangForce & Scoop.


Leave a Reply