Majalah Housing Estate November 2013

Cover Majalah Housing Estate November 2013

Pembaca,

Beberapa bulan terakhir banyak developer perumahan di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) melansir proyek baru. Sebagian besar berupa klaster baru, tapi ada juga perumahan baru seperti Vida Bekasi (40 ha) di Jl Narogong Raya-Bekasi, Serpong Lagoon (30 ha) persembahan BSA Land di Jl Lingkar Selatan, Serpong-Tangerang Selatan, serta Jaya Imperial Park (80 ha) dari PT Jaya Real Property Tbk di Jl Raya Mauk, Pasar Kemis-Tangerang. Tidak ketinggalan sejumlah kondominium baru juga di-launching belakangan ini.

Fenomena ini cukup menarik karena peluncuran proyek-proyek baru itu dilakukan para developer saat kondisi ekonomi makro kurang menguntungkan, yang ditandai pelemahan nilai tukar rupiah dan pertumbuhan ekonomi, gonjang-ganjing harga saham dan imbal hasil reksadana, turunnya harga emas, kenaikan bunga kredit, dan pembatasan penyaluran KPR. Karenanya kami tertarik mengulasnya di Liputan Utama edisi November 2013.

Untuk melengkapi Liputan Utama yang kebanyakan berupa hunian untuk kalangan menengah atas, kami sertakan juga Liputan Khusus yang membahas penawaran rumah menengah bawah seharga Rp300 jutaan ke bawah. Dari hasil survei kami terungkap, masih ada satu dua perumahan yang memasarkan rumah seharga rumah bersubsidi (di bawah Rp100 juta/unit) di sekitar Jakarta atau Bodetabek.

Khusus menjelang Musyawarah Nasional (Munas) Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) di Jakarta akhir November ini, pada rubrik Tamu Kita kami tampilkan dua tokoh yang digadang-gadang anggota REI menduduki kursi ketua umum dan sekretaris jenderal untuk periode 2013–2016. Keduanya ”orang daerah”. Yaitu, Eddy Hussy, developer sukses asal Batam, Provinsi Kepulauan Riau, dan Hari Raharta Sudradjat, Direktur Utama Margahayuland, korporasi yang berbasis di Bandung, Jawa Barat, namun sejak lima tahun terakhir aktif berekspansi ke Jakarta dan Bali. Pengenalan terhadap mereka perlu. Paling tidak bila suatu waktu punya urusan yang ribet dengan developer anggota REI, Anda tahu harus minta bantuan siapa.

Keluarga Besar HousingEstate
Keluarga Besar HousingEstate

Pada edisi ini kami juga menyajikan berbagai rubrik gaya hidup yang cocok untuk bacaan Anda yang sudah membeli rumah dan ingin mendandani interiornya. Antara lain rubrik Interior yang mengetengahkan tema desain mewah namun tetap homy, rubrik Inspirasi yang membahas beragam desain kitchen set modern bercorak hitam putih, rubrik Rumah Arsitek yang mengangkat tema rumah ramah manusia, dan Rumah Selebritas yang mengangkat hunian perias handal Gusnaldi di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Pembaca yang akan membangun rumah atau melakukan renovasi, layak menyimak rubrik Lighting yang panjang lebar membahas tentang pentingnya memakai lampu LED di rumah, serta rubrik Rancang Bangun yang memberikan solusi desain rumah dengan basement di lahan datar. Oh ya, akhir September lalu kami menggelar syukuran kecil di kantor sebagai tanda ikut bergembira melepas Saudara Hadi Prasojo, salah satu anggota Dewan Redaksi HousingEstate, menunaikan ibadah haji bersama sang istri tahun ini. Selamat membaca.



Leave a Reply