Majalah Housing Estate Juli 2014

Housing Estate

Pembaca terhormat,

Alhamdulillah majalah HousingEstate edisi Juli 2014 ini beredar di pasar bertepatan dengan awal bulan suci Ramadhan. Untuk itu kami mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa kepada umat Islam yang menjalankannya. Semoga amal ibadah Anda diterima Allah SWT.

Pada edisi ini kami memilih tema Liputan Utama “Rumah Mungil Berkamar Banyak”. Tema ini kami pilih karena seiring makin tingginya harga tanah di Jabodetabek. Supaya harga jualnya tetap terjangkau kelas menengah, developer mereduksi luas bangunan rumah yang dipasarkan.

Misalnya, rumah berkamar 3+1 yang dulu luas minimalnya 80 m2, sekarang dikecilkan menjadi 69 m2 atau kurang. Ukuran kavelingnya juga demikian, rata-rata diciutkan menjadi 6 x 12 m. Maka itu supaya tidak melanggar ketentuan garis sempadan bangunan (GSB), rumah didesain dua lantai. Untuk lebih jelasnya kami sajikan delapan contoh di delapan perumahan di Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan Bandung.

Masih terkait dengan hunian, kami juga menyajikan informasi tentang makin maraknya launching apartemen baru di Jabodetabek di paruh pertama 2014 ini. Ada beberapa yang menyasar kelas premium, tapi paling banyak untuk kelas menengah dan menengah bawah. Simak liputannya di rubrik Apartemen.

Sementara di rubrik Kawasan kami kembali menyigi kawasan Cikupa-Balaraja-Pasarkemis yang makin naik rating-nya setelah PT Alam Sutera Realty Tbk memasarkan kota baru Suvarna Sutera (900 ha) di Pasar Kemis, menyusul Grup Ciputra yang mengembangkan CitraRaya (2.800 ha), dan PT Intiland Tbk yang menawarkan Talaga Bestari (230 ha). Dengan adanya tiga proyek besar itu, kawasan diprediksi bakal cepat berkembang dan menjadi alternatif pilihan para pencari rumah di Tangerang setelah harga tanah di Serpong makin melambung. Prospeknya juga menjanjikan karena pemerintah akan membangun tol Serpong-Balaraja, dan membuka akses langsung dari tol Jakarta-Merak ke Suvarna Sutera. Di rubrik Daerah kali ini kami giliran mengunjungi Kota Semarang. Perkembangan properti di ibu kota Provinsi Jawa Tengah itu dari tahun ke tahun makin semarak. Selain perumahan, apartemen dan kondotel juga mulai berkembang di kota ini. Apa keistimewaan properti yang dikembangkan di sana? Simak liputan Halimatusadiyah dan Samsul Arifin Nasution serta juru foto Sosilo Waluyo ke Semarang bulan lalu di rubrik Daerah.

Untuk mengisi liburan anak-anak kami mengetengahkan objek wisata Dusun Bambu Family Leisure Park di Bandung Utara, Jawa Barat. Di sini Anda sekeluarga bisa menikmati keindahan bangunan berarsitektur tradisional yang terbuat dari bambu, kayu, dan ijuk, selain kesejukan udara dan keindahan alam Bandung Utara, serta mencicipi masakan lezat khas Sunda di restorannya.

Di rubrik Interior kami mencoba mengajak Anda melihat penataan interior unit apartemen Lexington Residence dari Cowell Development di Jl Deplu Raya, Jakarta Selatan, yang dirancang desainer interior Christina Suwardi (Jakarta) dengan gaya kontemporer. Sementara menyongsong bulan Ramadhan di rubrik Inspirasi kami ketengahkan desain dapur terkini. Kami pilih tema ini karena di bulan suci para ibu biasanya demen berlama-lama di dapur untuk menyiapkan hidangan buka puasa dan sahur.

Di luar itu masih banyak rubrik lain dengan berbagai tema yang tidak kalah menarik. Misalnya di rubrik Hometech kami ulas TV terbaru berdesain lengkung, makin berkembangnya penyediaan jasa membersihkan rumah di kawasan perumahan di rubrik Jasa Properti, rancang bangun rumah di kaveling terbatas di dalam klaster, dan berbagai informasi material bangunan terbaru yang dapat menjadi pertimbangan Anda yang sedang membangun atau merenovasi rumah. Selamat membaca.



Leave a Reply