Majalah Housing Estate Edisi Oktober 2015

Majalah Housing Estate - Housing-Estate.Com

Pembaca terhormat,

Selain menerbitkan majalah HousingEstate dan mengelola portal properti www.housing-estate.com, kami juga tengah mengembangkan unit event organizer. Pada tahap awal kami sudah menyelenggarakan tiga kali pameran perumahan: April 2015 di mall fX Sudirman (Jakarta Selatan), awal September di mall Botani Square (Bogor), dan awal Oktober di mall fX Sudirman lagi. Kami berharap melalui pameran itu majalah HousingEstate makin dekat dengan pembaca utamanya, mereka yang sedang mencari rumah.

Pada edisi Oktober 2015 seiring kecenderungan yang terjadi di bisnis properti, kami mengangkat Liputan Utama tentang tren rumah kompak atau compact houses. Kami tertarik menulisnya karena makin banyak developer perumahan menengah atas melansirnya, terutama di perumahan-perumahan yang harga tanahnya kadung tinggi. Tren itu tidak hanya terjadi di perumahan-perumahan berskala kecil dan sedang, tapi juga yang berskala kota seperti BSD City (6.000 ha), Bintaro Jaya (2.321 ha), Sentul City (3.500 ha), dan Paramount Land (700 ha) di megapolitan Jabodetabek, serta kota-kota baru di Semarang dan Surabaya. Mereka ramai-ramai melansirnya agar tetap bisa berjualan di tengah melesunya ekonomi dan diperketatnya penyaluran kredit.

Dengan harga tanah yang sudah terlanjur tinggi, cara paling jitu agar tetap bisa menjual rumah dalam jumlah banyak, dengan melakukan perubahan ukuran (resizing) dari tipe besar dan sedang ke tipe kecil sehingga harganya terjangkau lebih banyak orang.

Sebagian developer sudah merasakan gurihnya menjual rumah kompak ini. PT Jaya Real Property Tbk (JRP) misalnya, baru saja sukses menjual 45 unit compact house seharga mulai dari Rp1,5 miliar/ unit di klaster khusus Divine hanya dalam dua minggu. Sebelumnya JRP sudah lama tidak menjual rumah di kisaran harga itu. GNA Land juga cukup sukses menjual rumah kompak tipe 57/60. Sebulan satu tipe itu saja terjual 15 unit.

Liputan kami lengkapi juga dengan tips mendesain dan menata rumah kecil, dan testimoni mereka yang tinggal di rumah kecil. Semoga Liputan Utama ini mampu menginpirasi masyarakat urban, bahwa tinggal di rumah mungil pun kalau direncanakan dengan baik, bisa tetap nyaman dan terjaga kualitas hidupnya.

Sementara bagi yang membutuhkan informasi tentang lokasilokasi perumahan bersubsidi di Jabodetabek dan kota-kota lain, bisa membaca rubrik Aktual. Sedangkan bagi yang mencari informasi rumah yang harganya terjangkau di Jakarta dapat menyimak hasil survei kami di rubrik Rumah Seken. Ternyata masih banyak rumah di Jakarta yang harganya lebih miring dibandingkan di daerah pinggiran seperti Bintaro dan Serpong.

Kalau anda hendak membeli rumah-rumah itu secara kredit, kami ketengahkan aneka produk KPR terbaru yang dilansir sejumlah bank swasta nasional dan bank BUMN. Semoga Anda mendapatkan pencerahan sehingga dapat memutuskan memilih produk KPR yang tepat, sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

Kami juga menyuguhkan artikel-artikel menarik di sesi gaya hidup dan bahan bangunan. Di sesi gaya hidup misalnya, kami ulas tempat wisata berorientasi pendidikan dan budaya Indonesia yang baik bagi putra-putri tercinta: Pinisi Edutainment Park di pusat belanja Pasar Raya Blok M, Jakarta Selatan. Masih terkait dengan anak-anak, kami bahas juga artikel tentang tips memilih perabot yang tepat untuk kamar anak.

Sebagai jeda kami tampilkan kemewahan rumah baru artis Roro Fitria yang bertabur warna emas, lampu kristal, dan gambar Nyai Roro Kidul di rubrik Rumah Seleb. Untuk memberikan inspirasi Anda yang baru saja membeli rumah, kami tuliskan penataan ruang berkonsep minimalis dengan aroma maskulin yang cukup kuat di rubrik Interior. Di sesi bahan bangunan, selain rubrik tetap Rancang Bangun, kami bahas tren keramik kamar mandi yang kian menawan di rubrik Tren bahan Bangunan. Selamat membaca.



Leave a Reply