Majalah Housing Estate Edisi Juni 2016

majalah-properti-housing-estate-juni-2016

Pembaca terhormat,

Puji syukur di semester pertama 2016 ini divisi Event Organizer (EO) majalah HousingEstate telah tiga kali menyelenggarakan HousingEstate Expo (pameran perumahan/apartemen). Yaitu, di pusat belanja Depok Town Square, Depok, Jawa Barat, 25 Maret-3 April, bekerja sama dengan Asosiasi Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI) DKI Jakarta, di Energy Building SCBD Jakarta, 11-15 April, dan di fX Sudirman, 26 April-1 Mei, keduanya di Jalan Jend Sudirman, Jakarta. Sebanyak 50 developer ambil bagian dalam tiga expo tersebut. Atas nama manajemen kami mengucapkan terima kasih kepada APERSI DKI Jakarta dan seluruh peserta pameran.

Pada bulan Juni-Juli ini karena memasuki Ramadhan dan Idul Fitri, untuk sementara kami tidak melakukan kegiatan non redaksional. Baru Agustus kami aktif kembali menggelar event. Acara pertama di awal semeter dua itu adalah HousingEstate Green Property Awards (GPA) 2016, ajang penghargaan untuk developer yang mengusung konsep pengembangan ramah lingkungan di proyek-proyek propertinya.

Sementara kegiatan redaksional berjalan normal, terbit tanggal 28 atau 29 setiap bulan. Khusus edisi Juli kami terbit lebih awal, tanggal 24 Juni 2016. Dengan demikian Anda yang berlebaran di kampung halaman dapat meng-up date informasi properti terkini melalui majalah HousingEstate.

Untuk edisi Juni 2016 kami ketengahkan Liputan Utama tentang makin banyaknya developer yang memasarkan rumah kecil dua lantai (rata-rata luas bangunan kurang dari 70 m2 dengan kaveling di bawah 72 m2) yang populer disebut compact house. Kami pernah membahasnya di Liputan Utama edisi Oktober 2015. Belakangan makin massif. Developer yang tahun lalu sudah melansir, saat ini makin agresif, seperti PT Paramount Enterprise di Paramount Land (700 ha) dan Sinar Mas Land di BSD City (6.000 ha), keduanya di Serpong, Tangerang-Banten, serta PT Jaya Real Property Tbk di Bintaro Jaya (2.340 ha) Pondok Aren dan Graha Raya (350 ha) Serpong Utara, keduanya di Tangerang Selatan-Banten.

Bahkan, developer yang tahun lalu masih konsisten memasarkan rumah-rumah tipe sedang dan besar seperti Summarecon Serpong (700 ha), tahun ini juga merilis rumah kompak. Begitu pula Alam Sutera (900 ha) Serpong, yang tadinya menawarkan rumah paling murah Rp3,5 miliar, pertengahan Mei melansir rumah seharga Rp1,9 miliaran dengan lebar kaveling mulai dari enam meter.

Jika Liputan Utama compact home dulu pembahasannya lebih pada desain, sekarang kami ajak Anda memahaminya lebih luas, tidak hanya soal desain tapi juga kelebihan dan kekurangannya menurut lokasi pengembangannya, di perumahan skala kota dan skala kecil. Kami juga melengkapinya dengan testimoni konsumen yang telah membeli rumah kecil dan situasi pasar sekennya. Mana yang lebih untung, membeli rumah baru dari developer atau dari tangan kedua ?

Sementara di rubrik Tren Properti kami ketengahkan tren penawaran hunian bersusun rendah (low rise apartement) di beberapa perumahan besar. Tidak hanya di sekitar Jakarta tapi juga di Surabaya (Jawa Timur). Bagi yang sedang mencari rumah/apartemen yang mudah diakses dari koridor Jl Jend Sudirman-Thamrin, bisa menyimak rubrik Liputan Khusus. Harga rumahnya mulai dari Rp200 jutaan yang bisa dibeli dengan cara bayar ringan. Semua rumah/ apartemen adalah peserta HousingEstate Expo di Energy Building dan fX Sudirman.

Bagi yang ingin mengetahui informasi pasar rumah seken di salah satu kawasan hunian termahal di Tanah Air, simak liputan penawaran rumah di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, di rubrik Rumah Seken. Untuk melengkapi sesi Tren Properti itu, kami sajikan juga rubrik Home Loan yang mengangkat tema KPR syariah dengan margin rendah, dan rubrik baru Pojok KPR BTN Platinum yang membahas tentang uang muka ringan dan suku bunga rendah.

Sedangkan di sesi Gaya Hidup kami antara lain mengemukakan desain kantor perusahaan e-commerce Bukalapak.com yang ditata dengan tema pasar malam di rubrik Properti Gaya, dan desain ruang ramah anak di rubrik Inspirasi. Di sesi Bahan Bangunan kami bahas keramik dinding baru yang keindahannya tidak kalah dengan wall paper. Masih banyak sajian menarik lain yang layak anda simak. Selamat membaca.



Leave a Reply