Majalah Housing Estate Edisi Juni 2015

Majalah-Properti-HousingEstate-Majalah-Tren-Properti-Bahan-Bangunan-dan-Gaya-Hidup-Edisi-Juni-2015

Pembaca terhormat,

Pada edisi Juni 2015 ini liputan utama mengangkat tema perkembangan properti di Surabaya dan sekitarnya. Kami tertarik meliput properti di ibu kota Provinsi Jawa Timur itu, karena di bawah kepemimpinan Walikota Tri Rismaharini kota menjadi bersih, banyak taman, dan ruang publik yang manusiawi. Surabaya yang dulu panas dan kurang tertata, kini menjadi kota humanis yang enak dijadikan tempat tinggal, kota tujuan anakanak melanjutkan pendidikan khususnya dari Indonesia tengah dan timur, sebagai destinasi wisata favorit, dan lain-lain.

Dampak lebih jauh permintaan properti di Kota Pahlawan itu meningkat, karena konsumennya bukan hanya warga lokal, tapi juga dari luar kota bahkan luar Jawa. Hanya seperti di Jabodetabek, pasar properti di titik-titik tertentu sedang kurang bergairah karena harga tanahnya yang sudah kelewat tinggi. Tapi di titik-titik lain yang cukup prospektif dan harga tanahnya masih cukup rendah, pasarnya tetap ramai. Meskipun pasar sedang lesu, karena makin banyak orang luar kota yang ingin tinggal dan atau sekolah di Surabaya, pasar properti di kota kedua terbesar di Indonesia itu diperkirakan cepat recovery.

Masih di sesi properti, kami juga memaparkan sejumlah penawaran ruko baru di beberapa perumahan di Jabodetabek. Bagi sebagian developer, ruko menjadi dewa penyelamat di saat permintaan rumah melemah. Ruko sangat diminati investor, karena gain dan yield-nya tinggi, selain dibutuhkan mereka yang membuka/mengembangkan usaha. Kami juga membahas tren developer mengecilkan kaveling rumah yang dipasarkannya menjadi 60 m2 atau bahkan kurang, agar harga rumahnya tetap terjangkau kaum menengah, sekaligus kompetitif dengan apartemen menengah yang belakangan kian ramai dikembangkan.

Artikel properti lain, adalah snapshot perkembangan properti di Medan, ibu kota Sumatera Utara. Kota ini juga tidak luput dari serbuan developer kakap dari Jakarta. Hampir semua subsektor properti mereka masuki, mulai dari perumahan, apartemen, mall, sampai ruko. Simak liputannya di rubrik Daerah. Sementara di rubrik Internasional ada snapshot mengenai pasar properti di Singapura yang juga sedang lesu darah, hasil liputan wartawan HousingEstate yang diundang ke sana.

Di sesi gaya hidup kami mengetengahkan Properti Gaya kantor Maverick Indonesia, sebuah perusahaan konsultan komunikasi di Jakarta Selatan yang dirancang unik bergaya pabrik. Menarik. Siapa tahu bisa menginspirasi pembaca menata kantornya. Ada juga rubrik yang mengulas beragam model penataan interior ruang keluarga dan kamar tidur, yang kami harapkan bisa menginspirasi ibu-ibu dalam menata rumahnya dalam masa libur sekolah menjelang Ramadan ini.

Di sesi bahan bangunan, kami menyuguhkan sejumlah artikel yang tidak kalah menarik, seperti tren keramik motif kayu, kloset hemat air, rancang bangun rumah di kaveling sempit, dan sejumlah artikel menarik lainnya. Terakhir, kami paparkan juga kebijakan pemerintah terbaru tentang penghapusan sanksi pajak. Simak pemaparannya di rubrik Estateconomics.

Selamat membaca.



Leave a Reply