Majalah Housing Estate Edisi Februari 2015

Majalah Housing Estate Edisi Februari 2015

Pembaca,

Syukur alhamdulliah kita sudah satu bulan memasuki 2015. Developer pun mulai aktif melepas produk ke pasar. Namun karena situasi ekonomi masih sulit dipredikisi, mereka memilih memasarkan produk yang pembelinya sudah pasti, yaitu rumah-rumah kecil seharga di bawah Rp2 miliar.

Salah satu developer yang sudah melepas produk baru itu adalah PT Jaya Real Property Tbk (JRP). Anak perusahaan Jaya Group ini 24 Januari melakukan penjualan perdana klaster Discovery Aluvia tahap 2 di kota baru Bintaro Jaya (2.321 ha), dan klaster Fortune Terrace tahap 2 di perumahan Graha Raya (350 ha), keduanya berdampingan lokasi di Kecamatan Pondok Aren dan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan-Banten.

Di klaster itu Bintaro Jaya menawarkan rumah seharga Rp1,8 miliar dengan luas bangunan 98 m2 di atas kaveling 6 x 15 m2. Sedangkan Graha Raya memasarkan rumah kecil dua lantai tipe 67/72 seharga Rp1,147 miliar. Developer lain juga melakukan hal sama. Sebut saja PT Mitra Sindo Sukses, developer Jakarta Garden City (350 ha), Cakung-Jakarta Timur. Di klaster terbaru La Seine developernya memasarkan rumah tipe 63/90. Juga PT Bela Putera Intiland yang beberapa tahun belakangan absen memasarkan tipe-tipe kecil di Kota Baru Parahyangan (1.250 ha), Bandung-Jawa Barat, mengawali tahun kambing ini dengan merilis tipe 65/126 seharga Rp1,02 miliar.

Karena tren itu, Liputan Utama edisi Februari 2015 mengangkat tema pilihan rumah kecil. Lingkup liputan selain di Jabodetabek, juga di kota-kota lain yang pengembangan real estate-nya pesat seperti Bandung, Sidoarjo, Balikpapan dan Makassar.

Mendampingi Liputan Utama di sesi real estate, kami ketengahkan artikel tentang penawaran kondotel di beberapa kota tingkat dua seperti Karawang, Majalengka dan Garut (Jawa Barat), Malang (Jawa Timur), serta Bangka (Bangka Belitung). Menarik bagi yang gemar berinvestasi. Sedangkan bagi Anda yang tengah mencari rumah di daerah sub urban di megapolitan Jabodetabek, kami sajikan dinamika pasar rumah seken di kota baru Alam Sutera (1.000 ha), Tangerang Selatan-Banten. Mana yang lebih menarik, membeli rumah baru atau seken? Simak pembahasannya di rubrik Rumah Seken.

Untuk rubrik Homeloan kami sengaja menanyakan ke sejumlah bank penyalur KPR tentang rencana mereka di 2015. Kami menilai informasi ini penting, khususnya bagi para pembaca dari kalangan developer, agar dapat menyingkronkan bisnis mereka dengan pembiayaan yang tersedia.

Di rubrik Tamu Kita kami sajikan perbincangan dengan Jusmery Chandra, Presiden Direktur Puri Kemenangan Jaya, produsen keramik Centro. Kami memilihnya karena belakangan perusahaan itu makin inovatif memproduksi keramik-keramik bermotif batu alam dan kian leading di pasar.

Di sesi gaya hidup kami suguhkan sejumlah rubrik dengan tematema menarik. Misalnya, rubrik Interior mengangkat penataan ruang bergaya klasik Amerika, rubrik Properti Gaya membahas kafe Black- House di Kebayoran Baru yang interiornya didesain dengan tujuh tema, rubrik Perabot menampilkan perabot-perabot yang didesain khusus memadukan unsur budaya dan material, dan rubrik Aksesori menyajikan alternatif lukisan yang cocok untuk ruang bersama.

Sementara sesi Bahan Bangunan antara lain membahas tren warna 2015 dari Nippon Paint, rancang bangun rumah di kaveling 6 x 20 m2, desain rumah pemenang Lomba Desain rumah 2014 yang diselenggarakan HousingEstate dan Kota Baru Parahyangan, serta rubrik-rubrik lain yang tak kalah menarik. Selamat membaca.



Leave a Reply