Majalah Housing Estate Agustus 2014

HousingEstate Agustus 2014

Pembaca terhormat,

Berkaitan dengan hari raya Idul Fitri 1435 H yang jatuh tanggal 28-29 Juli 2014, majalah HousingEstate edisi Agustus 2014 kami terbitkan satu minggu lebih awal dari jadwal edar reguler tanggal 28-29 setiap bulannya. Terkait dengan hari raya Idul Fitri itu pula, kami atas nama manajemen mengucapkan Selamat Idul Fitri mohon maaf lahir batin kepada para pembaca, agen dan pengecer, serta narasumber dan pemasang iklan.

Pembaca, pada kesempatan ini kami juga ingin menyampaikan kabar gembira, fotografer kami Susilo Waluyo baru-baru ini meraih juara II kategori “cityscape (panorama kota)” melalui foto berjudul “Belantara Jakarta” pada lomba foto Colors of Jakarta 2014 yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dalam rangka memeriahkan HUT Jakarta ke-487. Tropi dan hadiah uang diserahkan langsung oleh Plt Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama di Gedung Balai Kota Jakarta, 24 Juni 2014.

Berkaitan dengan isi majalah, karena edisi Agustus bertepatan dengan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, kami mengangkat tema Liputan Utama berbau kerakyatan, yaitu pilihan rumah seharga Rp400 juta ke bawah yang kami nilai terjangkau masyarakat menengah urban. Kali ini kami tampilkan pilihan rumah itu di 10 kota; Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Sidoarjo, Semarang, Yogyakarta, Balikpapan, Samarinda, dan Makassar. Meskipun lokasinya makin ke pinggir tapi pengembangan rumah rakyat di setiap kota yang kami survei masih lumayan banyak.

Di rubrik Apartemen kami tertarik melihat fenomena menarik yang kini tengah terjadi di Bekasi, Jawa Barat. Pertama, dalam jangka kurang dari satu tahun ada puluhan apartemen baru yang dilansir ke pasar di kota/kabupaten di sisi timur Jakarta itu. Kedua, belum lama PT Summarecon Agung Tbk. sukses memasarkan apartemen The SpringLake di Summarecon Bekasi. Dalam dua kali launching empat tower apartemen dengan jumlah hunian 3.000 unit lebih sold out. Kenapa developer ramai-ramai menggarap pasar apartemen di Bekasi? Apa kelebihan yang ditawarkan? Apa pula kehebatan The SpringLake hingga bisa selaris itu? Simak liputannya di halaman 56-66.

Di rubrik Homeloan kami menyarankan kepada mereka yang belum memiliki hunian agar membeli rumah/apartemen sekarang juga. Semakin cepat semakin baik mengingat laju kenaikan harga rumah jauh lebih cepat dibanding laju kenaikan pendapatan rata-rata masyarakat Indonesia. Percayalah rumah makin tak terbeli bila rencana Anda membelinya ditunda terus.

Di rubrik lain seperti Properti Gaya kami ketengahkan Pusat Inspirasi Membangun Rumah di Thailand. Sentra semacam itu belum ada di Indonesia. Makanya ketika diundang SCG, produsen bahan bangunan dari Negara Gajah Putih itu, ke Thailand, redaktur kami Halimatussadiyah tertarik membagi pengalamannya kepada para pembaca.

Sajian kami yang lain yang tidak kalah menarik adalah Info Bahan Bangunan yang mengetengahkan bahan bangunan inovatif yang dihasilkan Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman (Puslitbang Permukiman) Kementerian Pekerjaan Umum. Kami juga mengulas aneka penutup atap kontemporer yang terbuat dari beragam jenis, mulai dari aspal hingga resin.

Selamat membaca.



Leave a Reply