lima Kawasan yang Kian Prospektif

cipete pd labu mampang prapatan pasar minggu jagorawi

Tahun 2008 saat perumahan besar Alam Sutera (800 ha) di Serpong, Tangerang Selatan, Banten, belum punya akses langsung ke jalan tol Jakarta–Tangerang–Merak, pengembangnya PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI) memasarkan rumah tipe 289/240 seharga Rp1,3 miliaran/unit. Tapi, tahun 2011 atau dua tahun setelah akses tol langsung di Kunciran menuju Jalan Raya Serpong lewat Alam Sutera itu dibuka, tipe yang sama sudah ditawarkan Rp2,2 miliaran!

Peningkatan harga rumah yang pesat, kendati sedikit lebih rendah dari Alam Sutera, juga terjadi pada rumah-rumah di kota baru lain di Serpong dan Pondok Aren (Tangerang Selatan) seperti Bintaro Jaya (2.321 ha), BSD City (6.000 ha), serta Summarecon Serpong (800 ha) dan Paramount Serpong (800 ha/kini Paramount Land). Apalagi April 2007 pemerintah membuka jalur ganda (double track) kereta komuter ber-AC Jakarta (Tanah Abang)–Serpong yang berlanjut hingga Parung Panjang–Maja– Rangkasbitung.

 

Baca selengkapnya di Majalah HousingEstate Edisi November 2017, dapatkan di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer) atau Unduh versi digitalnya Scoop.


Leave a Reply