Langkah Mudah Bebenah Rumah

Langkah Mudah Bebenah Rumah

Pertahankan barang yang memang diperlukan atau dipakai dan menyenangkan hati.

Tren rumah yang makin kompak dengan luas terbatas menuntut kita pandai mengelola ruang dan mengorganisasikan barangbarang di dalamnya. Jika tidak, rumah terlihat berantakan sehingga tidak nyaman dan tidak sedap dipandang. “Kerapian mengorganisasi aneka barang itu juga memudahkan kita ketika suatu saat membutuhkannya. Tidak perlu banyak buang waktu mencarinya,” kata Bayu Fristanty dari Rapi-Rapi Professional Organizer, sebuah perusahaan jasa pengorganisasian interior rumah di Jakarta.

Menurutnya, ada empat langkah yang bisa dilakukan untuk membuat hunian terlihat lebih rapi. Pertama, review and assess, yakni memahami perilaku dan rutinitas kita. Pilih ruang mana yang akan dirapikan terlebih dulu dan buat skala prioritas barang yang akan dirapikan. Kedua, group and sort, dengan mulai memilah, memilih, dan menyortir semua barang dan mengelompokkannya sesuai fungsi. Ketiga place it, memberikan tempat yang layak bagi setiap barang. Keempat maintain, mempertahankan sistem yang sudah kita buat sehingga isi rumah tetap rapi.

 

Baca selengkapnya di Majalah HousingEstate Edisi Februari 2017, dapatkan di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer) atau Unduh versi digitalnya WayangForce & Scoop.


Leave a Reply