Kredit Fintech Cara Baru Beli Rumah

paradise park sepatan

Menyusul perkembangan teknologi informasi yang pesat, muncul juga inovasi jasa keuangan berbasis digital yang dinamai financial technology (fintech) atau teknologi finansial (tekfin). Transaksinya full online tanpa mempertemukan secara fisik pemilik dana atau pemberi pinjaman (lender) dengan peminjam (borrower). Karena itu biaya operasional, kebutuhan pekerja dan peralatannya jauh lebih efisien dibanding lembaga pembiayaan konvensional seperti bank dan multifinance, dan proses kerjanya lebih cepat.

Fintech umumnya berupa perusahaan rintisan (startup) dengan target pasar korporasi (B2B) atau perorangan (B2C). Fintech di sini berfungsi sebagai penyedia market place (lapak) online yang mempertemukan langsung lender dan borrower (peer-topeer). Fintech menyeleksi, menganalisis dan menyetujui aplikasi pinjaman yang masuk sebelum menawarkannya kepada pemilik dana. Terserah pemilik dana apakah akan memberikan pinjaman atau tidak. Pinjaman bisa dipantau secara online baik oleh debitur maupun pemberi pinjaman. Untuk jasanya itu fintech menerima fee.

 

Baca selengkapnya di Majalah HousingEstate Edisi Desember 2017, dapatkan di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer) atau Unduh versi digitalnya Scoop.


Leave a Reply