Gurita Bisnis Properti BUMN

Untitled-1

Kapitalisasi pasar satu BUMN properti sudah mencapai Rp18 triliun kendati baru tiga tahun berdiri.

Waktu majalah ini menulis bisnis properti badan usaha milik negara (BUMN) di liputan khusus edisi April 2014 dan 2015, baru enam perusahaan yang menggarapnya secara serius. Semuanya anak perusahaan BUMN konstruksi. Yaitu, PT Wika Realty (PT Wijaya Karya Tbk), PT Adhi Persada Properti (PT Adhi Karya Tbk), PT HK Realtindo (PT Hutama Karya Tbk), PT PP Properti Tbk (PT PP Tbk), dan PT Waskita Karya Realty (PT Waskita Karya) selain Perum Perumnas yang sejak awal memang dibentuk untuk mengembangkan perumahan. Lima pertama sudah berbisnis properti sejak awal 1990-an melalui divisi realty, dan membentuk perusahaan sendiri untuk menggarapnya setelah tahun 2000, tapi (kecuali Wika Realty) baru benar-benar ekspansif di bisnis itu sejak 4–5 tahun terakhir. Sedangkan BUMN lain yang juga diminta pemerintah mengoptimalkan pemanfaatan aset-asetnya, baru 1–2 tahun ini mendeklarasikan diri masuk bisnis properti. Sebutlah misalnya, PT Timah Karya Persada Properti (PT Timah Tbk), PT Jasa Marga Properti (PT Jasa Marga Tbk), PT Pos Properti Indonesia (PT Pos Indonesia), PT Kereta Api Properti Manajemen (PT Kereta Api Indonesia), PT Pelindo Properti Indonesia (PT Pelindo III), PT Peruri Properti (Perum Peruri), PT Angkasa Pura Properti (PT Angkasa Pura I), dan PT PP Pracetak (PT PP Tbk).

Hanya, entah karena situasi ekonomi dan bisnis properti masih lesu atau karena memang tidak mau terlalu agresif pada tahap awal, baru sebagian yang meluncurkan proyek ke pasar seperti Jasa Marga Properti dan Timah Properti. “Kami akan merilis proyek pertama April ini,” kata M Arief Asj’ari, Direktur Utama Timah Properti yang mengembangkan kawasan hunian terpadu Familia Urban (176 ha) di Bekasi, Jawa Barat kepada HousingEstate awal Maret. Tahap pertama dikembangkan 15 ha. Proyek terpadu itu diiringi dua real estate mini di Depok dan Tangerang Selatan, berisi 78 dan 12 rumah.

 

Baca selengkapnya di Majalah HousingEstate Edisi April 2017, dapatkan di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer) atau Unduh versi digitalnya WayangForce & Scoop.


Leave a Reply