Double Height House

Untitled-1

Rumah didesain dengan kelapangan sirkulasi udara dan cahaya alami yang maksimal melalui ketinggian dua kali lipat.

Desain rumah yang berlokasi di Taman Buaran Indah, Jakarta Timur, ini merupakan hasil pemugaran dari rumah satu lantai tipe 45/90 yang ditempati sejak akhir 1980-an. Sebelum akhirnya dibongkar seluruhnya, rumah pernah ditingkat untuk menambah kamar. “Kalau direnovasi lagi, sama tingginya biayanya dengan membuat baru dan belum tentu sesuai dengan kebutuhan saat ini. Makanya, kita memilih mulai membangun dari awal dengan desain baru,” kata Putri Novianty, salah satu arsitek yang merancangnya.

Putri yang berkolaborasi dengan Grace menggodok desain rumah ini hampir setahun. Kebetulan, rumah ditujukan untuk kedua orang tua Grace yang berumur 60- an tahun, namun masih cukup aktif. Sang ibu adalah dokter gigi yang sejak dahulu membuka praktik di rumahnya. Kini di masa pensiunnya ia tetap ingin berpraktik untuk keluarga dan kerabat saja di dalam ruang khusus di rumah. Karena itu rumah ini salah satunya didesain juga untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut. Setelah pemugaran, luas bangunan dua lantai menjadi 120 m2 dengan luas kaveling tetap 6 x 15 m2.

 

Baca selengkapnya di Majalah HousingEstate Edisi September 2016, dapatkan di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer) atau Unduh versi digitalnya WayangForce & Scoop.


Leave a Reply