Dinding Gipsum dan Bata Ringan,Lebih Efisien Karena Aplikasi Lebih Cepat

Dinding Gipsum

Dengan aplikasi lebih praktis dan cepat, biaya tukang menjadi jauh lebih rendah.

Membangun rumah pada masa sekarang bisa lebih efisien dibanding dulu. Pasalnya, jenis bahan bangunan berkembang, ukurannya lebih presisi, petunjuk aplikasinya tersedia, sehingga kebutuhannya bisa diperkirakan lebih akurat, begitu pula pengerjaannya. Efisiensi itu penting karena bahan bangunan konvensional seperti kayu dan bata merah makin sulit didapat dan mahal, selain karena tuntutan kepraktisan menyusul makin sibuk dan mobile-nya kehidupan manusia dan kian tingginya upah tukang.

Kuncinya ada pada perencanaan dan persepsi mengenai rumah. Perencanaan menyangkut apa yang akan dibangun, seperti apa, berapa ukuran dan kebutuhan bahan bangunannya, dan bagaimana membangunnya? Tanpa perencanaan, efisiensi tetap tidak akan tercapai karena banyak bahan bangunan yang mubazir (waste). Sedangkan persepsi berkenaan dengan definisi kita tentang rumah yang baik. Yaitu, rumah yang selaras dengan lingkungan, dengan ruang-ruang yang tidak berlebihan, dan nyaman ditempati.

 

 

Baca selengkapnya di Majalah HousingEstate Edisi September 2016, dapatkan di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer) atau Unduh versi digitalnya WayangForce & Scoop.


Leave a Reply