Bunga Makin Murah, Saatnya Beli Rumah

bunga kpr makin murah

Lazimnya kalau bunga menurun, bisnis properti bergairah dan harganya meningkat. Tapi, sudah hampir empat tahun sejak 2014 situasinya anomali (menyimpang). Bunga kredit makin murah, paling tidak bunga promosi, harga rumah dan apartemen tidak naik. Kalaupun ada yang menaikkan, hanya satu dua developer yang sangat pede dengan produknya, atau kenaikan itu hanya gimmick (pemikat) pemasaran yang langsung diiringi aneka kemudahan seperti diskon harga, potongan depe, bebas biaya termasuk biaya KPR, cuti bayar, dan lain-lain.

Bunga promosi itu juga diiringi masa fixed (tetap) yang lebih lama atau keringanan lain seperti persyaratan depe yang rendah. Bahkan, untuk pembelian rumah dalam eventevent tertentu hasil kerjasama pengembangbank, bunga promonya bisa lebih rendah lagi. Akhir tahun ini penawarannya ramai, karena bank dan pengembang terdesak memenuhi target penjualan. Bunga pasar floating (mengambang) kredit pemilikan rumah/apartemen (KPR/KPA) itu setelah masa bunga promo berakhir kini juga makin rendah, karena banyak dikaitkan dengan fluktuasi bunga acuan Bank Indonesia (BI). Kalau tidak (bunga floating masih di atas 11–12% per tahun), saat itu diharapkan keuangan anda sudah mampu membayar cicilannya.

 

Baca selengkapnya di Majalah HousingEstate Edisi Desember 2017, dapatkan di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer) atau Unduh versi digitalnya Scoop.


Leave a Reply