Bantuan BPJS dan Bapertarum, Hanya Untuk Pembelian Rumah Secara Kredit

Bantuan BPJS dan Bapertarum, Hanya Untuk Pembelian Rumah Secara Kr edit

Syarat dan prosedur pengajuan pinjaman lebih praktis ditanyakan di bank pelaksana atau pengembang perumahan.

Sudah lama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS TK) memberikan bantuan pemilikan rumah (housing benefit) bagi pesertanya. Sekarang housing benefit itu bahkan dipromosikan resmi oleh lembaga yang sebelumnya bernama Jamsostek itu sebagai salah satu dari lima layanan tambahannya. Empat lainnya adalah food benefit (fasilitas minimarket yang menyediakan bahan makanan pokok dengan harga lebih rendah), health benefit (fasilitas kesehatan dekat kawasan permukiman pekerja), transportation benefit (bantuan transportasi dari rumah ke tempat kerja), dan education benefit (beasiswa untuk anak peserta BPJS).

Menurut Kepala Urusan Properti BPJS Ketenagakerjaan (BPJS TK) I Putu Wiradana, pihaknya menyediakan hingga Rp4 triliun dari akumulasi dana JHT (Jaminan Hari Tua) untuk housing benefit. Penyaluran dana dilakukan melalui perbankan. Sementara ini baru dengan Bank BTN. Nantinya diperluas ke bank BUMN lain. Jadi, yang bisa menikmati hanya peserta yang membeli rumah dengan fasilitas kredit pemilikan rumah/apartemen (KPR/KPA).

 

Baca selengkapnya di Majalah HousingEstate Edisi September 2016, dapatkan di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer) atau Unduh versi digitalnya WayangForce & Scoop.


Leave a Reply