10 Faktor Penentu Harga Rumah

Untitled-1

Harga tidak hanya ditentukan oleh lokasi tapi banyak faktor lainnya.

Harga sering menjadi pertimbangan utama konsumen saat membeli rumah. Dan, itu tidak salah karena harga memang bisa mencerminkan kualitas sebuah produk. Ingat saja ungkapan “ada harga ada rupa”. Pengembang suka menyebut lokasi sebagai penentu harga. Tapi, pernyataan itu baru setengah benar. Masih banyak faktor lain yang juga mempengaruhi harga rumah.

Karena itu bila mendapati harga sebuah rumah lebih rendah daripada rumah tipe yang sama di perumahan sekelas di lokasi lain, jangan buru-buru berkesimpulan, rumah itu lebih kompetitif. Dari perbincangan dengan sejumlah developer, bankir, dan pengamat di Jakarta, setidaknya ada 10 faktor yang menentukan harga sebuah rumah. Semuanya harus dipertimbangkan saat melakukan perbandingan. Perbandingan bisa antar tipe rumah serupa di satu kawasan atau antar rumah di kawasan berbeda.

 

Baca selengkapnya di Majalah HousingEstate Edisi Mei 2016, dapatkan di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer) atau Unduh versi digitalnya WayangForce, Scoop & Scanie.


Leave a Reply